31 Desember 2009

Tips Menjadi Pembeli yang Pintar

1. Buat inventaris

Sebelum kalap membeli barang-barang diskon di butik fashion, inventaris dulu barang apa saja yang sudah Anda punya dan mana yang benar-benar dibutuhkan. Inventarisasi ini memakan waktu satu hingga dua minggu. Perhatikan items apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang penampilan dan padu padan apa yang bisa Anda terapkan pada barang-barang yang sudah ada.

2. Teliti

Sudah saatnya Anda bersikap lebih teliti dan berpikir dua kali setiap akan membeli sesuatu di butik fashion. Meski yang Anda beli “hanya” sepasang baju murah, teliti baik-baik segi kenyamanan, ketahanan, hingga warna fashion apa saja di lemari yang akan cocok dikenakan. Jadi, jangan pernah membayar sesuatu sebelum Anda yakin 100 % barang itu benar-benar sesuai dengan yang kebutuhan.

3. Buat perbandingan

Setelah Anda menemukan barang/fashion yang dicari, cek harga di butik fashion online dan sekitarnya untuk mendapatkan harga yang termurah. Butuh waktu sedikit, tak apa asalkan tak menyesal nantinya.

4. Beli yang dibutuhkan

Para sophaholic menghamburkan uang mereka karena sifat impulsifnya. Saat baju di manekin terlihat “lucu” atau modelnya sedang tren, serta merta baju itu dibeli tanpa memedulikan apakah akan nyaman dipakai atau cocok dengan bentuk tubuh.

Untuk menghindarinya, setiap naksir barang tertentu di suatu butik, pastikan Anda memiliki aksesori yang sesuai atau punya padanan yang pas. Coba setiap barang yang akan dibeli dan tinggalkan bila rasanya kurang sreg. Dengan cara ini, bukan hanya uang yang dihemat, tapi Anda juga akan mendapatkan baju yang terlihat bagus dipakai di butik fashion wanita tsb.

5. Simpan bon pembelian

Jangan buru-buru membuang struk atau bon pembelian baik dari butik biasa maupun dari butik fashion online. Siapa tahu ada cacat yang baru ditemukan di rumah. Segera tukarkan dengan barang yang lebih berkualitas dengan membawa struk pembelian.

6. Melihat ke dalam

Para sophaholic sering tak punya alasan jelas untuk belanja. Terkadang belanja di butik fashion wanita hanya untuk mengisi waktu luang, sedang bosan, atau mengobati kesepian. Cari tahu lagi apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Bila yang Anda butuhkan seorang teman, ajaklah teman atau sahabat saat berbelanja. Bila yang Anda butuhkan sensasi rasa senang, alihkan perhatian pada hal lain yang punya efek sama.

7. Jangan gampang tergiur iklan

Untuk menjaring pembeli banyak butik menawarkan harga khusus, dobel diskon dan ini dipromosikan pula di media. Berpikirlah jernih sebelum larut dalam iming-iming iklan belanja berdiskon tersebut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar