20 Maret 2009

CARA MENGOPTIMALKAN CHANNEL URL PADA GOOGLE ADSENSE

Melanjutkan postingan yang kemarin mengenai pengoptimalan Adsense Google dengan menggunakan fitur "CHANNEL" sebagaimana yang sudah saya janjikan untuk saya posting kembali, Mungkin bagi yang belum membaca postingan saya yang dulu bisa Anda baca di sini

Sebagaimana yang telah saya terangkan bahwa fitur Channel merupakan salah satu fitur yang tersedia pada AdSense Google yang berfungsi untuk memberikan informasi dan laporan terperinci bagi pemilik akun mengenai sumber penghasilan dari situs penayang yang dimiliki.

Sedangkan pada Adsense Google itu sendiri menawarkan 2 jenis saluran:
  • Saluran (channel) URL untuk laporan domain, subdomain, dan khusus halaman.
  • Saluran (channel) Kustom untuk laporan lebih rinci yang khusus bagi unit iklan atau penempatan iklan.

Nah untuk kali ini akan saya bahas satu persatu mengenai bagaimana cara menggunakan Channel pada Google Adsense. Ok akan kita mulai dari yang pertama yaitu Saluran (Channel) URL.

Channel URL digunakan untuk melacak performa iklan di seluruh domain, subdomain, direktori, dan setiap halaman. Channel tersebut dapat membantu Anda menjawab pertanyaan seperti:
  • Domain manakah yang memberikan penghasilan terbesar?
  • Di bagian situs manakah iklan berperforma terbaik? Artikel? Forum? Blog?

Membuat Channel URL

Channel atau Saluran URL mudah dibuat dan diterapkan melalui account AdSense. Untuk mengetahui caranya, lihat contoh sebagai berikut.

Skenario: Ngenyiz memiliki situs tentang AdSense (www.ContohSitusAdsense.co.id) dan ingin mengetahui performa iklan AdSense pada halaman artikel dibandingkan dengan bagian forum.

Ia melakukannya dalam 2 langkah mudah:
  • Langkah pertama adalah log in, kemudian mengklik tab Konfigurasi AdSense. Baris link akan ditampilkan di bawah tab. Klik link Channel.
  • Selanjutnya, pastikan Anda berada pada subtab untuk produk yang benar (AdSense for Content atau AdSense for Search) dan membuat saluran (Channel) URL, bukan saluran (Channel) kustom. Klik link Tambahkan Channel URL baru, kemudian buat Channel baru untuk setiap direktori dengan memasukkan alamat (tanpa 'www') dalam kotak yang dihasilkan.

Dalam kasus ini, Kita akan membuat 2 Channel: Satu untuk ContohSitusAdsense.co.id/artikel yang akan melacak performa iklan gabungan di semua artikel Ngenyiz, dan satu lagi untuk ContohSitusAdsense.co.id/forum yang akan memantau semua bagian forum Ngenyiz.

Setelah dibuat, Channel URL akan segera mulai mengumpulkan statistik. Untuk memaksimalkan penggunaan Channel, Anda harus dapat membuat laporan Channel yang efektif. Untuk mempelajari bagaimana caranya, akan saya bahas pada postingan saya berikutnya...



12 komentar:

  1. Permisi. Gimana buat halaman untuk adsense for search di blog masih bingung nih?, ads for content udah dipasang tinggal nyoba artikel diatas aja biar optimal.

    BalasHapus
  2. makasih atas penceerahannya,blogwalking

    BalasHapus
  3. terima kasih gan, ditunggu info2 yg lainnya

    BalasHapus
  4. Tetep j bingung gan. hehehe!

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat mudah dipahami, thanks ya :D

    BalasHapus
  6. lumayan tipsnya buat pengetahuan baru ..
    http://ekonomi-sosiologi-geografi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  7. mantap mas infonya mampir ya ke blogku http://www.kerjaaja.com

    BalasHapus
  8. mas aku bingung vgman ya caranya

    BalasHapus
  9. ada yang mau cennelan samaaku ga kita bercenel bersama &sahre bersama

    BalasHapus
  10. Untuk hosted yang dimaksud url channel apakah url channel youtube?thanks infonya

    BalasHapus