20 Maret 2009

CARA MENGOPTIMALKAN CHANNEL CUSTOM PADA GOOGLE ADSENSE

OK sobat Blogger semua... setelah kita mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan Channel URL sekarang saatnya kita melakukan optimalisasi lagi pada Channel Ads yang satunya yaitu Channel Custom. Bagi Anda yang baru mengikuti blog ini mungkin anda perlu membaca postingan saya sebelumnya mengenai pengoptimalan Ads. Google dengan menggunakan fitur CHANNEL, bisa anda baca di sini dan di sini

Channel kustom dapat digunakan untuk membantu Anda melacak warna, format, dan penempatan iklan yang paling efektif di situs Anda atau menyediakan jawaban atas pertanyaan seperti:

1. Unit iklan manakah yang memperoleh penghasilan terbesar pada halaman depan?
    Leaderboard di bagian atas halaman?
    Persegi panjang di bagian tengah artikel?
    Skyscraper di sisi kanan halaman?
    Unit link dalam navigasi kiri?
2. Apakah iklan akan berperforma lebih baik dengan atau tanpa batas tepi?
  • Tips: biasanya, iklan berperforma lebih baik tanpa batas tepi
3. Bagaimanakah perbandingan penghasilan untuk setiap kotak AdSense untuk pencarian?

Untuk memaksimalkan penggunaan channel kustom, sebaiknya lacak setiap unit iklan. Dengan demikian, Anda akan memiliki sekumpulan laporan utama yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari semua unit iklan, atau mengkombinasikan berbagai variasi agar memperoleh pengetahuan lebih rinci tentang performa AdSense situs Anda dan menjawab jenis pertanyaan yang tercantum di atas.

Membuat Channel Kustom

Anda harus memahami cara menggunakan channel kustom untuk menjawab pertanyaan di atas agar dapat mengoptimalkan performa unit iklan AdSense. Perhatikan contoh berikut.

Skenario : Ngenyiz memiliki situs tentang mobil. Saat ini, situsnya memiliki 3 unit iklan dan 1 unit link, kemudian Ngenyiz ingin mengetahui unit yang berperforma paling efektif. Untuk melakukannya, ia membuat channel kustom terpisah untuk keempat unit iklan agar dapat memantau performanya.

Membuat dan menerapkan channel kustom memerlukan proses yang lebih rumit dibandingkan channel URL. Jangan khawatir, Saya akan menunjukkan cara membuat channel kustom dalam 4 langkah mudah:

1. Mulai dengan log in ke account Anda, kemudian klik tab Konfigurasi AdSense, diikuti link channel. Untuk skenario ini, kita perhatikan channel kustom AdSense untuk konten. Karenanya, pastikan Anda berada pada produk dan subtab channel yang tepat. Selanjutnya, klik Tambahkan channel kustom baru

2. Langkah berikutnya adalah memberikan nama channel.
Anda harus memberikan nama channel kustom yang tepat dan konsisten. Semakin banyak informasi lokasi dan cara penggunaan unit iklan pada nama, maka akan semakin mudah diidentifikasi di lain waktu saat membuat laporan channel. Untuk contoh yang digunakan di sini, sebaiknya gunakan nama seperti:
  • HomeTopLeaderMotherEarth
  • HomeMidRectMotherEarth
  • HomeRightSkyscpMotherEarth
  • HomeLeftNavLinksMotherEarth
Anda akan menyadari bahwa semua nama tersebut mengikuti pola Halaman+Lokasi+Format Iklan+Palet Warna. Admin Ads. Google menganggap pola ini bermanfaat, namun Anda dapat menggunakan metode apapun yang paling sesuai untuk Anda.

Masukkan nama channel dalam kotak channel baru, kemudian klik Tambahkan channel.

3. Kini Anda dapat membuat kode iklan khusus channel. Setelah nama dibuat, klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk.

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan, format iklan, dan palet warna seperti biasa, kemudian di bagian Channel,
pilih nama channel yang akan ditambahkan dengan mengklik link Tambah>> (Anda dapat menambahkan hingga 5 channel),

lalu klik Lanjut agar pilihan Anda terlihat dalam kode tata letak iklan.

4. Terakhir, salin dan sisipkan kode pada halaman Web Anda. Pengidentifikasi channel dalam kode Anda akan segera memulai pelacakan performa. Jika halaman tersebut telah memiliki kode iklan, Anda harus menggantinya dengan kode khusus channel yang baru.

Ulangi proses untuk setiap unit iklan yang akan dilacak.



16 komentar:

  1. nice artikel, bro...btw dukung aku yah di kontes fajar, plz tinggalin komentarnya...okay, sukses dan tetap semangat...langsunga aja ke tkp ...http://fajarseraya.com/mengenal-watak-blogger-melalui-website-pribadinya ditunggu lho...

    BalasHapus
  2. masih bingung nih,dah dapet adsense tapi tetep g bisa masang.

    BalasHapus
  3. thanks ifonya blog ku dah di pasang adsense,tapi koq gak ada yang klik yah??apa karna trafficnya yang rendah?
    MOHON PENCERAHANYA

    BalasHapus
  4. asli bingung banget mas,,stres udah aku ni,,udah di terima di google adsense tapi ngga tau setinganya gimana ,chanel,ini itulah,katanya per 1000 impreson udah nampak bayaranya sekian dolar,,tapi akun gua udah ane pasang 2 minggu,kira2 udah 250000 impreson tapi kok balance $ masih 0(nol)kalo bisa bantuin dong mas,nanti gua kasi tips untuk ambil visitor dari negri luar mas .

    BalasHapus
  5. thanx...agak ngerti dikit buat newbie kayak aku.

    BalasHapus
  6. Terima kasih artikelnya cara mengoptimalkan chanel custom pada google adsense, salam

    BalasHapus
  7. main adsense yang normal2 aja gan takut ke banned
    tapi Nice Infonya
    Gudang Info : TiKom titikkoma7.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wah mantab infonya gan
    http://manfaat.in

    BalasHapus
  9. saya masih kurang faham , but terima kasih atas informasinya ...

    http://www.reseper.com/

    BalasHapus
  10. Untuk info tentang adsense, terimakasih karena sudah berbagi. sesungguhnya saya kurang paham cara menempati iklan adsense yang mempengaruhi CTR tinggi...

    BalasHapus
  11. trims infonya. baru bikin 2 biji sih, tapi kayaknya memang mujarab utk naikin earning.
    info asuransi di i-Asuransi

    BalasHapus
  12. mas kalau kita mau setting iklan adsense rata tengah gimana ya....

    BalasHapus
  13. saya selama ini kurang tahu tentang channel, cuma bisanya copy script iklan dari adsene, langsung tanam di laman, dengan ini aku lumayan tahu makasih bgt gan

    http://ontvspot.blogspot.com

    BalasHapus
  14. thanks infonya..
    http://ekonomi-sosiologi-geografi.blogspot.com

    BalasHapus