28 Februari 2009

PEMAHAMAN MENGENAI BASEL II

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memudahkan pembaca memahami pentingnya permodalan bagi suatu bank tidak hanya secara individu tetapi dalam kerangka menjaga kestabilan sistem keuangan. Karena perannya yang penting itu maka pengaturan mengenai permodalan mengacu kepada suatu standar internasional yang dikeluarkan oleh Basel Committe on Banking Supervision. Standar yang dikenal dengan Basel I pertama kali ditetapkan pada tahun 1988 yang dalam perjalanan waktu banyak mengalami penyesuaian sebagai konsekuensi berkembang pesatnya instrumen di pasar keuangan. Sampai dengan akhirnya disepakati untuk menetapkan suatu standar perhitungan permodalan bank yang lebih sensitif yang dikenal dengan Basel II.

Melalui buku yang berusaha ditulis dengan bahasa yang sederhana ini, diharapkan pembaca dapat mengetahui standar perhitungan modal yang sedemikian rupa telah mengalami penyesuaian dan latar belakang dikeluarkannya Basel II dalam keterkaitan perhitungan kecukupan permodalan bank dikaitkan dengan profil risiko suatu bank.

Buku ini tidak akan membahas teknis pengertian dari setiap aspek dalam Basel II tetapi lebih sekedar menyajikan suatu benang merah Basel II yaitu upaya peningkatan manajemen risiko bank sehingga melalui implementasi Basel II ini bank dapat memperoleh insentif dan sejalan dengan itu dapat menjamin kestabilan sistem keuangan yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan perekonomian.

Download E-book lengkap "Basel II", Klik link dibawah ini :
Download



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar