17 Februari 2009

PRINSIP PEMBERIAN KREDIT (5C PRINCIPLE)

Anda orang bekerja di bidang ekonomi, khususnya perbankan? Tentu anda mengenal konsep 5C, yaitu Character (karakter), Capacity (kemampuan mengembalikan utang), Collateral (jaminan), Capital (modal), dan Condition (situasi dan kondisi). Bagi orang bank, nasabah yang memenuhi criteria 5C adalah orang yang sempurna untuk mendapatkan Pembiayaan. Bank melihat orang yang mempunyai karakter kuat, kemampuan mengembalikan uang, jaminan yang berharga, modal yang kuat, dan kondisi perekonomian yang aman bagaikan melihat sebuah mutiara. Orang seperti ini adalah nasabah potensial untuk diajak bekerja sama atau orang yang layak mendapatkan penyaluran kredit. Pendeknya orang yang mempunyai 5C yang baik adalah manusia yang ideal, menurut criteria orang bank.

Dalam dunia perbankan pertimbangan yang lazim digunakan untuk mengevaluasi calon nasabah sering disebut dengan prinsip 5C atau “the five C’s principles”.

Prinsip-prinsip 5C tersebut antara lain:

Character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Character ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usaha (business record) nya, sejarah perusahaan yang pernah dikelola (pernah mengalami masa sulit apa tidak, bagaimana mengatasi kesulitan). Capacity ini merupakan ukuran dari ability to play atau kemampuan dalam membayar.

Capital adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelolanya. Hal ini bisa dilihat dari neraca, laporan rugi-laba, struktur permodalan, ratio-ratio keuntungan yang diperoleh seperti return on equity, return on investment. Dari kondisi di atas bisa dinilai apakah layak calon pelanggan diberi pembiayaan, dan beberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.

Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya. Collateral ini diperhitungkan paling akhir, artinya bilamana masih ada suatu kesangsian dalam pertimbangan-pertimbangan yang lain, maka bisa menilai harta yang mungkin bisa dijadikan jaminan.

Condition, pembiayaan yang diberikan juga perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah. Ada suatu usaha yang sangat tergantung dari kondisi perekonomian, oleh karena itu perlu mengaitkan kondisi ekonomi dengan usaha calon pelanggan.



9 komentar:

  1. wah hebat nih.. pas aku ketik keyword yang muncul website indo cuma ada dua termasuk ini :D *keyword : capital capacity collateral character conditions #keywordngawurefekamnesia :v

    BalasHapus
  2. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2% .HURRAY, Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami JoyceRolandLoanCompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.com


    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Pinjaman Tujuan: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    Mengerti bahasa Inggris: ________

    JoyceRolandLoanCompany

    BalasHapus
  3. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2 .HURRAY% Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami joycerolandloancompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.co I


    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    Mengerti ─░ngilizce: ________

    joycerolandloancompany

    BalasHapus
  4. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk untuk-memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan untuk menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Perusahaan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan persyaratan.
    Setelah saya bertemu syarat dan ketentuan perusahaan, jumlah pinjaman saya $ 85.000 USD telah disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya rasheedamuhammad10@gmail.com
    Saya hanya bersaksi Ibu Amanda niat baik dan membantu dia diberikan kepada saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya. Terima kasih

    BalasHapus
  5. semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    bisnis Anda sendiri?
    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) memulai bisnis dan pendidikan.
    c) Hutang konsolidasi.
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Alamat: ..........................................
    Status Perkawinan: .......................................
    Hubungan Seks: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Personal Nomer HP: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    terima kasih
    email: marycoleloanscompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. banyak cinta.Halo, nama saya Sofiat Muhammad, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp25,000,000 karena saya butuh modal besar Rp70.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Belinda yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Belinda melalui email . aid.financial@financier.com atau belindalamarloanltd@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; sofiatmuhammad10@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    BalasHapus