17 Februari 2009

PRINSIP PEMBERIAN KREDIT (5C PRINCIPLE)

Anda orang bekerja di bidang ekonomi, khususnya perbankan? Tentu anda mengenal konsep 5C, yaitu Character (karakter), Capacity (kemampuan mengembalikan utang), Collateral (jaminan), Capital (modal), dan Condition (situasi dan kondisi). Bagi orang bank, nasabah yang memenuhi criteria 5C adalah orang yang sempurna untuk mendapatkan Pembiayaan. Bank melihat orang yang mempunyai karakter kuat, kemampuan mengembalikan uang, jaminan yang berharga, modal yang kuat, dan kondisi perekonomian yang aman bagaikan melihat sebuah mutiara. Orang seperti ini adalah nasabah potensial untuk diajak bekerja sama atau orang yang layak mendapatkan penyaluran kredit. Pendeknya orang yang mempunyai 5C yang baik adalah manusia yang ideal, menurut criteria orang bank.

Dalam dunia perbankan pertimbangan yang lazim digunakan untuk mengevaluasi calon nasabah sering disebut dengan prinsip 5C atau “the five C’s principles”.

Prinsip-prinsip 5C tersebut antara lain:

Character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Character ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usaha (business record) nya, sejarah perusahaan yang pernah dikelola (pernah mengalami masa sulit apa tidak, bagaimana mengatasi kesulitan). Capacity ini merupakan ukuran dari ability to play atau kemampuan dalam membayar.

Capital adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelolanya. Hal ini bisa dilihat dari neraca, laporan rugi-laba, struktur permodalan, ratio-ratio keuntungan yang diperoleh seperti return on equity, return on investment. Dari kondisi di atas bisa dinilai apakah layak calon pelanggan diberi pembiayaan, dan beberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.

Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya. Collateral ini diperhitungkan paling akhir, artinya bilamana masih ada suatu kesangsian dalam pertimbangan-pertimbangan yang lain, maka bisa menilai harta yang mungkin bisa dijadikan jaminan.

Condition, pembiayaan yang diberikan juga perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah. Ada suatu usaha yang sangat tergantung dari kondisi perekonomian, oleh karena itu perlu mengaitkan kondisi ekonomi dengan usaha calon pelanggan.



19 komentar:

  1. wah hebat nih.. pas aku ketik keyword yang muncul website indo cuma ada dua termasuk ini :D *keyword : capital capacity collateral character conditions #keywordngawurefekamnesia :v

    BalasHapus
  2. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2% .HURRAY, Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami JoyceRolandLoanCompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.com


    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Pinjaman Tujuan: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    Mengerti bahasa Inggris: ________

    JoyceRolandLoanCompany

    BalasHapus
  3. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2 .HURRAY% Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami joycerolandloancompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.co I


    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    Mengerti ─░ngilizce: ________

    joycerolandloancompany

    BalasHapus
  4. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk untuk-memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan untuk menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Perusahaan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan persyaratan.
    Setelah saya bertemu syarat dan ketentuan perusahaan, jumlah pinjaman saya $ 85.000 USD telah disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya rasheedamuhammad10@gmail.com
    Saya hanya bersaksi Ibu Amanda niat baik dan membantu dia diberikan kepada saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya. Terima kasih

    BalasHapus
  5. semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    bisnis Anda sendiri?
    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) memulai bisnis dan pendidikan.
    c) Hutang konsolidasi.
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Alamat: ..........................................
    Status Perkawinan: .......................................
    Hubungan Seks: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Personal Nomer HP: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    terima kasih
    email: marycoleloanscompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. banyak cinta.Halo, nama saya Sofiat Muhammad, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp25,000,000 karena saya butuh modal besar Rp70.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Belinda yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Belinda melalui email . aid.financial@financier.com atau belindalamarloanltd@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; sofiatmuhammad10@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Moshi Moshi,
    Saya (memasukkan nama kerja Anda Olic paul di sini), pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup.
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada Individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email: olicpaulloanhouse@gmail.com

    BalasHapus
  8. lintah darat pada ngiklan disini semua

    BalasHapus
  9. lintah darat pada ngiklan disini semua

    BalasHapus
  10. Halo teman-teman, saya telah menegaskan bahwa kesaksian mimosa dan Isman memberi di sini kadang-kadang yang lalu tentang bagaimana mereka punya mereka pinjaman dari sebuah Islam pinjaman organisasi benar. Saya pikir mereka di mana berbohong sampai aku mencoba sendiri. Aku email mereka melalui mereka pelanggan peduli email (frb228815@gmail.com) Untuk terbesar saya kejutan, aku juga punya pinjaman dari mereka. Proses hanya terlalu sederhana. Tidak ada menyembunyikan tuntutan mereka, dan mereka tidak minta ada jaminan dari saya. Semua mereka minta dari saya adalah untuk mendapatkan PPI asuransi bond untuk menutupi saya pinjaman yang sudah dan yang mimosa dan Isman bilang mereka juga. Dan untuk ku yang terbesar kejutan, aku mendapatkan pinjaman. Sebelum sekarang, aku pikir semua online pinjaman pemberi pinjaman dan semua kesaksian semua palsu sampai aku berubah pikiran dan coba ini tertentu satu Isman dan Mimosa berbicara tentang. Saat itulah aku menyadari bahwa mereka benar-benar berbeda dari yang lain pinjaman pemberi pinjaman di sini. Apa yang aku pelajari dari kasus saya adalah bahwa anda tidak akan pernah tahu bagaimana benar suatu hal sampai kau sudah siap untuk mengambil resiko ini dan coba saja. Aku sangat bahagia sekarang itu yang aku lakukan. Tolong aku ingin nasihat orang di sini yang benar-benar membutuhkan mendesak pinjaman untuk mendapatkan pinjaman dari mereka. Hanya mengikuti mereka instruksi dan kau akan mendapatkan pinjaman. Sejauh yang aku tahu, ini satu-satunya percaya sah tempat untuk mendapatkan pinjaman online pada saat ini. Kirim mereka sekarang dan kau tak akan bahagia seperti aku dan juga datang ke sini untuk bersaksi .

    BalasHapus
  11. sejauh ini, prinsip 5 C sering digunakan. Thanks sudah berbagi

    BalasHapus
  12. saya perlu pinjaman mendesak sekarang / 2015

    BalasHapus
  13. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi sangat penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman dari Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman itu disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya berterima kasih kepada Ibu Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Silakan jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak curang dan scammers di sini di internet. Aku akan nasihat Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan registrasi saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email-nya adalah obi.loanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  14. Saya dan istri saya ingin menggunakan media ini untuk bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Kimberly Jeanne Kimberly Perusahaan Kredit.
    Kami tidak pernah berpikir kami akan dalam hidup kita saya bertemu seseorang seperti Ibu Kimberly Dia adalah permata yang langka. Saya Ahmed dan saya meluangkan waktu saya untuk bersaksi tentang Mrs. Kimberly karena dia akhirnya menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan istri saya masuk ke utang yang sangat besar dengan debitur dan Bank dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan kami pecah sampai saya datang di kontak dengan Ibu Kimberly Dia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain saya telah menemukan tapi dia tidak seperti mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Ibu Kimberly melalui salah satu email berikut.
    jeannekimloanfirm@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut ahmedsani670@gmail.com

    BalasHapus
  15. Perhatian Seeker Pinjaman:

    Catatan kami menawarkan pinjaman sebesar 3% dan kami memberikan pinjaman maksimum minimum dan
    $ 5,000usd menjadi $ 1,000,000usd Tertarik pemohon harus mengisi
    aplikasi dan kembali untuk prosedur lebih lanjut untuk info lebih lanjut. segera
    sebagai bentuk pemohon diisi persyaratan pinjaman dan rencana pembayaran akan
    dikirimkan kepada Anda dan semua informasi lainnya.

    agusloanoffer@gmail.com

    Layanan kami meliputi: -

    * Investor Pinjaman ..........
    * Konsolidasi Utang ...........
    * Kedua Mortgage ...............
    * Kredit Usaha .............
    * Pinjaman Pribadi ...............
    * Pinjaman International ...........

    Aplikasi pinjaman Form

    Nama lengkap:
    jenis Kelamin:
    Status pernikahan:
    Kontak Alamat:
    Kota / Kode Pos:
    Negara: Negara:
    Umur:
    Penghasilan bulanan:
    Jumlah Pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Tanggal Pinjaman Dibutuhkan:
    Penghasilan Mingguan:
    pekerjaan:
    Tujuan untuk Pinjaman:
    Hubungi Nomor Telepon:

    Menunggu untuk melakukan bisnis dengan Anda.

    agusloanoffer@gmail.com

    Pak Agus Hakim

    BalasHapus
  16. Halo, saya Elina Gulay, pemberi pinjaman pinjaman yang memberi hidup waktu kesempatan pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membersihkan utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang-orang dalam kesulitan keuangan Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Cari lagi seperti yang kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu. Kami pinjaman dana keluar kepada orang-orang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 3%. Saya ingin menggunakan menengah untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan handal dan Penerima Bantuan ini dan akan bersedia menawarkan pinjaman.Jadi email kami di: elinagulay@gmail.com

    BalasHapus